Beranda | Artikel
Akibat Baik Untuk Orang-Orang Bertakwa
Rabu, 21 September 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Akibat Baik Untuk Orang-Orang Bertakwa adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 22 Safar 1444 H / 19 September 2022 M.

Kisah Qarun

Pada ayat yang ke-83 dan 84, Allah akhiri kisah Qarun dengan FirmanNya:

تِلْكَ الدَّارُ الْآخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لَا يُرِيدُونَ عُلُوًّا فِي الْأَرْضِ وَلَا فَسَادًا ۚ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ ‎﴿٨٣﴾‏ مَن جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ خَيْرٌ مِّنْهَا ۖ وَمَن جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى الَّذِينَ عَمِلُوا السَّيِّئَاتِ إِلَّا مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ ‎﴿٨٤﴾‏

“Itulah negeri akhirat, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak menginginkan ketinggian dan juga untuk orang-orang yang tidak melakukan kerusakan. Dan akibat yang baik itu untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Qasas[28]: 83)

Allah kabarkan dalam ayat ini bahwa surga diperuntukkan untuk orang-orang yang tawadhu’ (tidak sombong). Rasul kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengabarkan sikap tawadhu’ justru akan membuat orang diangkat derajatnya oleh Allah. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ تَوَاضَعَ ِللهِ رَفَعَهُ اللهُ

“Siapa orang yang tawadhu’ karena Allah, Allah angkat derajatnya.” (HR. Ahmad)

Ayat yang mulia ini menginginkan agar kita mensucikan hati dari kesombongan kalau ingin surga. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kabarkan bahwa tidak akan masuk surga orang yang di hatinya ada sombong.

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ

“Tidak akan masuk surga orang yang di hatinya terdapat sebesar biji dzarrah dari sifat kesombongan.” (HR. Muslim)

Lihat juga: Hadits Ringkas dan Ringan Untuk Anak

Kemudian di ayat ke-84, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

مَن جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ خَيْرٌ مِّنْهَا ۖ وَمَن جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَى الَّذِينَ عَمِلُوا السَّيِّئَاتِ إِلَّا مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Barangsiapa yang mendatangkan kebaikan, maka baginya yang lebih baik dari itu; dan orang yang melakukan perbuatan buruk, maka tidak akan dibalas kecuali setimpal dengan perbuatannya.” (QS. Al-Qasas[28]: 84)

Dari dua ayat ini Allah Subhanahu wa Ta’ala ingin membimbing pandangan, hati dan kehidupan kita ke negeri akhirat, mengajak untuk tidak cinta dunia dan menjadikan negeri akhirat sebesar-besar cita-cita.

Dua ayat ini menjelaskan tentang sifat orang-orang yang menginginkan kehidupan akhirat. Mereka adalah orang-orang yang tidak sombong dan tidak melakukan kerusakan di muka bumi. Dan dari sifat ini kita mengetahui rahasianya kenapa Qarun dibinasakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena Qarun menginginkan kehidupan dunia dan tidak menginginkan akhirat, karena Qarun sombong dan melakukan kerusakan di muka bumi.

Siapa saja yang sombong dan melakukan kerusakan di atas muka bumi, maka orang ini akan mendapatkan dua kerugian; (1) rugi di dunia, dimana akhir dari orang yang sombong adalah berupa kebinasaan, (2) dan rugi di akhirat bahwa tempat orang yang sombong bukan di surga, tapi di neraka.

Akibat yang baik untuk orang-orang yang bertakwa. Inilah rahasia orang diberikan kedudukan di atas muka bumi, diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mendapatkan surga adalah karena takwa.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Kisah Qarun


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52154-akibat-baik-untuk-orang-orang-bertakwa/